Jumat, 20 Desember 2013

Membangun Mental Jujur di Indonesia.



Indonesia merupakan Negara besar  dengan ratusan juta penduduk, wilayah luas dan subur, mempunyai kultur budaya yang elok serta keragaman suku, bangsa dan agama. Namun, kekayaan ini tak kunjung membuat Negara Indonesia jaya. Malahan, dalam kenyataan Indonesia seakan terpuruk dan terjadi kesenjangan dimana yang kaya semakin kaya, dan yang miskin semakin miskin. Hal ini diperparah dengan kurang meratanya pembangunan daerah dan mentalitas pemuda penerus bangsa yang acap kali jadi lumbung masalah digurui oleh orang tua yang mengajarkan tindakan ketidakjujuran menjadi hal biasa.

Menarik  melihat ketidakjujuran yang menjadi penyakit kronis dari berbagai lapisan masyarakat Indonesia. Baik kaya maupun miskin, tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan semua bisa menjadi pelaku ketidakjujuran. Hal ini tentu menjadi masalah besar yang menghalangi bangsa Indonesia menuju negeri yang maju, Negara yang makmur, dan Negara yang benar-benar ideal bagi rakyatnya. Ketidakjujuranlah yang manjadi akar dari tindakan korupsi yang tengah mewabah, penipuan menyebar dimana-mana, pembohongan publik, konflik, perselisihan, hingga fitnah, budaya mencontek dan berbagai hal buruk lain yang ternyata bermuara dari ketidakjujuran.

Karena itu dibutuhkan formula yang tepat untuk mengatasi hal ini, akan jadi apa Negara Indonesia ini tidak terlepas daripada peran kejujuran. Jika setiap orang dari negeri ini jujur, maka tidak akan ada yang namanya korupsi, penipuan, fitnah, dan berbagai macam hal buruk lain sehingga Negara ini mampu menjadi Negara yang sejahtera. 

Naasnya, sejak kecil anak-anak Indonesia sudah disuguhi dengan ketidakjujran yang terjadi pada keluarga, ataupun lingkungan. Hal ini menjadikan kejujuran beregenerasi seiring bertambahnya populasi di Indonesia, setiap melahirkan hampir sama seperti melahirkan ketidakjujuran. Terus begitu seperti lingkaran setan yang terus berkesinambungan. Bahkan, semakin kesini ketidakjujuran cenderung semakin dahsyat. Ketidakjujuran menjadi sesuatu hal yang biasa, sungguh ironis.
Maka dari itu harus ada tindakan nyata untuk benar-benar mengatasi masalah ini, dimulai dari kita, keluarga kita, lingkungan kita, hingga Negara kita tercinta, terlebih lagi dunia.

Ada beberapa solusi yang bisa dijadikan cara untuk membangun mental jujur dinegeri ini.
Cara membasmi ketidakjujuran adalah dengan memastikan diri anda jujur. Ini adalah kunci awal, pastikan anda jujur. Jika setiap orang memastikan dirinya jujur. Bukankah ketidakjujuran akan musnah dengan sendirinya?

Untuk membentuk mental jujur, kita harus mebiasakan diri kita bersikap jujur. Paksalah diri anda untuk jujur, setelah dipaksa jujur terus menerus maka akan tercipta kebiasaan jujur , setelah terbiasa  akan menjadi karakter dan mental yang melekat dalam diri kita.

Sebarkan kejujuran, setelah anda mulai  jujur,  ajak orang lain untuk jujur. Bukan dengan menyuruh mereka  jujur. Tapi juga membiasakan orang lain untuk jujur. Contohnya di kampus saya ada warung jujur dimana kita membeli sendiri, meletakan uang sendiri, mengambil kembalian sendiri. Kebiasaan sepert inilah yang harusnya ditanamkan.  saya yakin Banyak cara mengajak orang lain untuk jujur. 
Wariskan kejujuran kepada anak kita kelak. Ini penting, kejujuran seharusnya ditanam sejak belia dan orang tualah yang seharusnya berperan untuk menjadikan anaknya jujur. Maka dari itu ketika anda sudah berkeluarga tanamkan kejujuran kepada anak cucu anda. berikan mereka teladan dan contoh dari diri anda. saya teringat orang tua saya selalu mengajarkan saya jujur, selain itu beliau juga mempraktikannya. Berhati-hatilah karena anak akan cepat meniru orang tuanya.

Nah, jika semua itu dilakukan, saya yakin dan percaya Indonesia akan menjadi Negara yang besar. Bebas korupsi, bebas fitnah, bebas penipuan dan menjadi Negara yang nyaman untuk dijadikan tempat berteduh.

Sekarang pertanyaan saya, sudah siapkah anda untuk jadi orang jujur?
tidak penting Apapun jawabannya, lakukan saja siap tidak siap nanti juga terbiasa.
sekali lagi, cara membasmi ketidakjujuran adalah dengan memastikan diri anda telah jujur.

Salam perjuangan !!

12 komentar :